Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA BIMA MENYELENGGARAKAN LOMBA BERBASIS DARING

Posted by Admin Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima
Tanggal Jumat,24 Juli 2020

 

Salam Literasi,,

Untuk mencapai salah satu tujuan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia  yaitu meningkatkan minat baca masyarakat indonesia. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima melaksanakan kegiatan Lomba Duta Baca tingkat pelajar SMA/MA; Lomba Baca Puisi tingkat Pelajar SMP/MTs; Lomba Bercerita tingkat pelajar SD/MI; dan Lomba Menggambar tingkat pelajar Taman Kanak-Kanak. Untuk Lomba Menggambar tingkat Pelajar TK tidak dapat dilaksanakan karena covid-19 secara teknis tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena jumlah peserta yang kurang lebih 100 orang peserta. Dalam kondisi pandemik ini Lomba Duta Baca tingkat pelajar SMA/MA; Lomba Baca Puisi tingkat Pelajar SMP/MTs; Lomba Bercerita tingkat pelajar SD/MI dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), peserta membuat video lalu dikirimkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam waktu yang ditentukan oleh tim juri.

Penjurian dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima dibagi menjadi 3 ruang, yaitu ruangan 1 untuk lomba Duta Baca, ruangan 2 untuk Lomba bercerita dan ruangan 3 untuk lomba membaca puisi. Adapun komponen penilaian masing-masing lomba sebagai berikut :

1)   Lomba Duta Baca

a)      penampilan : lebih ditekankan apakah ia tampil dengan santai, wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap atau sebaliknya.

b)      Cara bercerita : hal yang diperhatikan adalah volume suara, artikulasi, diksi tempo, kecepatan, proyeksi dan penguasaan panggung

c)      Penguasaan materi : tema tentang perpustakaan, minat baca dan kota bima sebagai kota tepian air

d)     Kemampuan/skil : peserta bisa mampu mendayagunakan seluruh kemampuan/potensi diri dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas (obstain a, b dan c)

2)   Lomba Bercerita

a)    penampilan : lebih ditekankan apakah ia tampil dengan santai, wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap atau sebaliknya.

b)   Cara bercerita : hal yang diperhatikan adalah volume suara, artikulasi, diksi tempo, kecepatan, proyeksi dan penguasaan panggung

c)    Penguasaan materi : mampu melakukan penyesuaian fantasi dan imajinasi dalam berintegrasi dengan materi cerita yang dibawakan. Materi cerita adalah judul cerita rakyat bima yang sudah  disediakan oleh panitia.

d)   Kemampuan/skil : peserta bisa mampu mendayagunakan seluruh kemampuan/potensi diri dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas (obstain a, b dan c)

e)    Peserta dapat menggunakan alat bantu/alat peraga yang dapat mendukung improvisasi ceritanya

Peserta lomba sebanyak 31 orang, terdiri dari 7 orang peserta untuk lomba Duta Baca, 11 orang peserta untuk lomba bercerita dan 11 orang peserta untuk lomba membaca puisi. Ketiga lomba tersebut dilaksanakan Pada tanggal 30 April 2020 di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima. Untuk peserta lomba bercerita juara I (satu) akan mewakili Kota Bima dalam lomba yang sama pada tingkat provinsi NTB.

Hasil lomba sebagai berikut : 1) Lomba Bercerita Juara I Aprilia Karla dari SDn 55 Kota Bima; Juara II Nafisa Zakira dari SDN 29 Kota Bima dan Juara III Rodita Cantika dari SDN 08 Kobi. 2) Lomba Membaca Puisi, Juara I

Berikut hasil lomba :

I.      Lomba Bercerita :

JUARA

NAMA PESERTA

ASAL SEKOLAH

TOTAL NILAI

I

APRILIA KARLA

SDN 55 KOBI

315

II

NAFISA ZAKIRA

SDN 29 KOBI

311

III

RODITA CANTIKA

SDN 08 KOBI

292

 

 

II.     Lomba Membaca Puisi

JUARA

NAMA PESERTA

ASAL SEKOLAH

TOTAL NILAI

I

JUMAWARNI

SMP 08 KOBI

89

II

APRIANI

SMPN 2 KOBI

79

III

ANISA

SMPN 1 KOBI

78

 

III.   Lomba Duta Baca

JUARA

NAMA PESERTA

ASAL SEKOLAH

TOTAL NILAI

I

HANDITO RAHMAN

SMAN 1 KOBI

182

II

NUR AZANI AWALIA

SMAN 2 KOBI

168

III

LALU REZA

SMAN 4 KOBI

163