Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

LEMBAGA KEARSIPAN DAERAH KOTA BIMA SOSIALISASI DAN KOORDINASI SRIKANDI

Posted by Admin Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima
Tanggal Rabu,20 Oktober 2021

#Salam Sadar Arsip (SSA)

Dalam rangka melaksanakan pengelolaan arsip dinamis dengan menggunakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Drs. H. Mahfud,M.Si selaku LKD Kota Bima didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Ichwansjah,SE.,M.Si pada tanggal 19 Oktober 2021 melaksanakan koordinasi dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Bima terkait dengan kelengkapan instrument pengelolaan arsip dinamis agar bisa diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bima.

untuk melengkapi instrumen pengelolaan arsip dinamis tersebut telah disepakati bahwa akan ditunjuk  personel Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Bima yang bertindak sebagai Admin. selanjutnya disampaikan juga bahwa apabila pemerintah daerah kota bima telah memiliki instrumen pengelolaan arsip dinamis secara lengkap, Aplikasi SRIKANDI ini bisa diimplementasikan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bima.

Lebih lanjut, dijelaskan pula ada Empat instrumen yang sifatnya wajib dalam sebuah pengelolaan arsip. Yaitu tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal resistensi arsip (JRA) serta klasifikasi keamanan dan akses arsip. Empat instrumen ini harus dipenuhi agar fase pengarsipan dinamis dapat berjalan dengan baik di institusi maupun lembaga pemerintah.