Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KELURAHAN TINGKAT KOTA BIMA

Posted by Admin Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima
Tanggal Senin,30 September 2019

 

 

LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KELURAHAN TINGKAT KOTA BIMA TAHUN 2019

Kota Bima

Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pendukung pendidikan bagi masyarakat, karenanya sudah menjadi kewajiban bagi perpustakaan untuk menyediakan berbagai informasi yang diperlukan bagi masyarakat yang dilayaninya. Berbagai upaya untuk menciptakan hal terkait, perpustakaan selalu berusaha untuk meningkatkan keragaman dan kualitas koleksi yang ada serta meningkatkan layanan kepada masyarakat.

UU No.43/2007 tentang Perpustakaan dalam pasal 23 ayat (1) mengamanatkan bahwa” setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan”. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah seperti dijelaskan dalam PP No.24/2014 tentang Standar Nasional Perpustakaan merupakan kewajiban setiap sekolah/madrasah. Ini berarti bahwa setiap sekolah/madrasah wajib memiliki perpustakaan yang dikelola berdasarkan standar yang ditetapkan.

Perpustakaan Sekolah perlu meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Guna meningkatkan gairah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan pendidikan dasar dirasa perlu diadakan Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat Negeri maupun Swasta.

 

Untuk memenuhi amanat UU No. 43/2007 Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima melaksanakan kegiatan lomba perpustakaan sekolah SD/MI mulai tanggal 13  s/d 15 Agustus 2019, Panitia Pelaksana Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah  Tk. SD/MI negeri dan swasta dan Perpustakaan Kelurahan tingkat Kota Bima telah melaksanakan penilaian ke 18 Perpustakaan, terdiri dari 6 perpustakaan Sekolah SD, 6 Perpustakaan Sekolah SMP dan 6 Perpustakaan Kelurahan di Kota Bima.

 

Beberapa Komponen Penilaian meliputi: a) Organisasi Perpustakaan, b) Gedung/Ruang Perpustakaan, c) Sarana dan Prasarana, d) Anggaran Perpustakaan, e) Tenaga Pengelola Perpustakaan (disertai SK Pengangkatan), f) Koleksi (tercetak dan elektronik), g) Pengelolaan Bahan Perpustakaan, h) Layanan dan Kerjasama Perpustakaan, i) Program dan Kegiatan Perpustakaan dan j) Data Dukung Komponen Penilaian.

Kegiatan lomba perpustakaan ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah perpustakaan yang dikelola sesuai standar sehingga dapat diakreditasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Diharapkan dimasa mendatang, perpustakaan Sekolah dan Kelurahan di kota Bima dapat berkembang dengan baik sesuai dengan fungsi perpustakaan sebagai tempat belajar sepanjang hayat.