Website Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bima

Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

LOMBA BERBASIS DIGITAL

Posted by Admin Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima
Tanggal Senin,26 April 2021

 

DPAD, 26 April 2021

Salam Literasi,

Perkembangan literasi masyarakat di Indonesia sangat bergantung kepada kegemaran membaca masyarakat. Berdasarkan Kajian Budaya Baca Masyarakat Indonesia tahun 2019 menunjukkan rata-rata tingkat kegemaran membaca sebesar 53,84 atau berada pada kategori “sedang”

Program dan kegiatan yang menunjang semakin membaiknya nilai tingkat kegemaran membaca, antara lain kampanye kegemaran membaca melalui safari, perlombaan, pengangkatan Duta Baca Indonesia dan Duta Baca Daerah, iklan layanan masyarakat di berbagai media, bantuan buku kepada komunitas, pondok pesantren, Lapas, Puskesmas, RSUD, perpustakaan sekolah, ekstensifikasi layanan perpustakaan melalui mobil perpustakaan keliling dan motor perpustakaan keliling serta pemberdayaan masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di pedesaan dan bantuan perpustakaan daerah terpencil, terluar, dan perbatasan.

Sasaran strategis Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah “Terwujudnya Pembangunan Literasi dan Kegemaran Membaca Masyarakat ditandai dengan meningkatnya indeks pembangunan literasi dan kegemaran membaca”. Dinas Perpustakaan  dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima juga memiliki sasaran strategis yang selaras dengan sasaran srategis Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu “ Meningkatnya Minat Baca Masyarakat Kota Bima.

Program dan kegiatan yang menunjang meningkatnya minat baca masyarakat Kota Bima yaitu melalui kegiatan Lomba Duta Baca tingkat pelajar SMA/MA; Lomba Baca Puisi tingkat Pelajar SMP/MTs; Lomba Bercerita tingkat pelajar SD/MI; dan. Dalam kondisi pandemik ini Lomba Duta Baca tingkat pelajar SMA/MA; Lomba Baca Puisi tingkat Pelajar SMP/MTs; Lomba Bercerita tingkat pelajar SD/MI dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), peserta membuat video lalu dikirimkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam waktu yang ditentukan oleh tim juri.

Penjurian dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima dibagi menjadi 3 ruang, yaitu ruangan 1 untuk lomba Duta Baca, ruangan 2 untuk Lomba bercerita dan ruangan 3 untuk lomba membaca puisi. Adapun komponen penilaian masing-masing lomba sebagai berikut :

1)   Lomba Duta Baca

a.    penampilan : lebih ditekankan apakah ia tampil dengan santai, wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap atau sebaliknya.

b.   Cara bercerita : hal yang diperhatikan adalah volume suara, artikulasi, diksi tempo, kecepatan, proyeksi dan penguasaan panggung

c.    Penguasaan materi : tema tentang perpustakaan, minat baca dan kota bima sebagai kota tepian air

d.   Kemampuan/skil : peserta bisa mampu mendayagunakan seluruh kemampuan/potensi diri dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas (obstain a, b dan c)

2)   Lomba Bercerita

a.       penampilan : lebih ditekankan apakah ia tampil dengan santai, wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap atau sebaliknya.

b.      Cara bercerita : hal yang diperhatikan adalah volume suara, artikulasi, diksi tempo, kecepatan, proyeksi dan penguasaan panggung

c.       Penguasaan materi : mampu melakukan penyesuaian fantasi dan imajinasi dalam berintegrasi dengan materi cerita yang dibawakan. Materi cerita adalah judul cerita rakyat bima yang sudah  disediakan oleh panitia.

d.      Kemampuan/skil : peserta bisa mampu mendayagunakan seluruh kemampuan/potensi diri dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas (obstain a, b dan c)

e.       Peserta dapat menggunakan alat bantu/alat peraga yang dapat mendukung improvisasi ceritanya.

3)  Lomba Mmebaca Puisi

a.          penampilan : lebih ditekankan apakah ia tampil dengan santai, wajar, penuh percaya diri, meyakinkan dan mantap atau sebaliknya.

b.         Cara bercerita : hal yang diperhatikan adalah volume suara, artikulasi, diksi tempo, kecepatan, proyeksi dan penguasaan panggung

c.          Penguasaan materi : mampu melakukan penyesuaian fantasi dan imajinasi dalam berintegrasi dengan materi cerita yang dibawakan. Judul Puisi adalah judul puisi  adalah yang sudah  disediakan oleh panitia.

d.         Kemampuan/skil : peserta bisa mampu mendayagunakan seluruh kemampuan/potensi diri dengan memadukan ketiga unsur penilaian diatas (obstain a, b dan c)

Peserta lomba sebanyak 76 orang peserta , meningkat dari tahun 2020 dimana lomba-lomba tersebut dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) pertama kali. Tahun 2021 ini adalah dilaksanankan lomba secara daring yang kedua kali. Adapun Rincian peserta lomba  terdiri dari 17 (tujuh belas) orang peserta untuk lomba Duta Baca dari 10 (sepuluh) sekolah , 37 orang peserta untuk lomba bercerita dari 22 sekolah  dan 22 orang peserta untuk lomba membaca puisi dari 10 sekolah yang mendaftar. Ketiga lomba tersebut dilaksanakan Pada tanggal 29 Maret 2021 bertempat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima. Untuk peserta lomba bercerita juara I (satu) akan mewakili Kota Bima dalam lomba yang sama pada tingkat provinsi NTB.

Hasil lomba sebagai berikut :

1)      Lomba Duta Baca : Juara I diraih oleh Hudiyatus Shidqon dari SMAN 1 Kota Bima; Juara II diraih oleh Halimatus Sa’diah dari SMAN 4 Kota Bima; Juara III diraih oleh Inni Farhani dari MAN 2 Kota Bima.

2)      Lomba Membaca Puisi : Juara I diraih oleh Putri Khastusyarifah dari SMPN 1 Kota Bima; Juara II di raih oleh Safira Rizki Awalyah dari MTSn 1 Kota Bima; Juara III diraih oleh M. Ferdiansyah Maulana dari  SMPN 02 Kota Bima.

3)      Lomba Bercerita Juara I diraih oleh Zafeera Afkarmughni dari SDN 05 Kota Bima; Juara II diraih oleh Aisyah Azahra dari SDN 39 Kota Bima; Juara III diraih oleh Istiqamah dari SDN 49 Kota Bima.