KUNJUNGAN SISWA SD IT ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ KOTA BIMA MELALAUI PROGRAM JELITA (JEMPUT LITERASI DAN WISATA EDUKASI) KE PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA BIMA

Dalam upaya meningkatkan minat baca dan memperkenalkan dunia literasi sejak dini, siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Abu Bakar Ash-Shiddiq Kota Bima melaksanakan kunjungan Jelita ke Perpustakaan Daerah Kota Bima.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 26 siswa ini disambut hangat oleh pihak perpustakaan. Dalam kunjungan tersebut, para siswa diajak berkeliling mengenal berbagai fasilitas perpustakaan, seperti ruang baca anak, ruang koleksi buku, layanan digital dan ruang inklusi sosial.

Selain itu, para siswa juga mengikuti kegiatan menarik seperti mendengarkan dongeng, membaca bersama, dan pengenalan cara meminjam buku. Petugas perpustakaan juga memberikan edukasi tentang pentingnya membaca dan bagaimana cara merawat buku dengan baik.

Wali kelas yang mendampingi menyampaikan bahwa kegiatan Jelita ini sangat positif bagi anak-anak. “Kami berharap dengan kunjungan ini, anak-anak semakin termotivasi untuk membaca dan mencintai buku. Ini juga sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan,” ujarnya.

Kepala Bidang Perpustakaan Daerah Kota Bima turut mengapresiasi kunjungan ini. Beliau menyampaikan bahwa perpustakaan terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar dan menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Tujuan Kegiatan:

Kegiatan kunjungan perpustakaan ini bertujuan untuk:

  • Menumbuhkan minat baca siswa sejak dini.

  • Mengenalkan lingkungan perpustakaan sebagai sumber ilmu.

  • Melatih siswa dalam mencari dan memilih bahan bacaan yang bermanfaat.

  • Mengajarkan tata tertib dan etika di perpustakaan.

Rangkaian Kegiatan:

  1. Pembukaan
    Kegiatan dimulai dengan sambutan dari petugas perpustakaan dan guru pendamping.

  2. Pengenalan Perpustakaan
    Siswa diajak mengenal bagian-bagian perpustakaan, seperti rak buku, ruang baca, katalog buku, dan cara meminjam buku.

  3. Kegiatan Membaca Bersama
    Siswa diberi kesempatan untuk memilih buku dan membaca secara mandiri atau berkelompok di ruang baca.

  4. Games dan Tanya Jawab
    Untuk menambah semangat, diadakan kuis ringan seputar buku dan literasi.

  5. Penutup
    Guru pendamping memberikan refleksi singkat dan mengajak siswa untuk rutin berkunjung ke perpustakaan.

Manfaat yang Diperoleh:

  • Siswa menjadi lebih antusias membaca.

  • Meningkatkan keterampilan literasi dasar.

  • Mengenalkan budaya membaca dalam suasana yang menyenangkan.

  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap buku dan fasilitas umum.

Kunjungan di akhiri dengan sesei foto bersama sebagai kenang-kenangan, para siswa tampak antusias dan bersemangat selama kegiatan berlangsung.