SOSIALISASI, RELAKSASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN LAUNCHING PERPUSTAKAAN DIGITAL SMAN 4 KOTA BIMA

# Salam Literasi

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima, Bapak Drs. H. Mahfud  M.Pd Sejak tahun 2020 merencanakan dan menyediakan anggaran kegiatan pengadaan bahan pustaka secara elektronik (e-book/e-pustaka), karena covid 19 banyak  kegiatan yang dipangkas anggarannya bahkan ditiadakan, salah satunya Pengadaan e-book. Pengadaan e-book bertujuan agar perpustakaan tidak ketinggalan dalam memberikan pelayanan informasi yang terkini kepada pemustaka  melalalui teknologi informasi yang bisa diakses melalui HP android.  Pada tahun 2021 ini pengadaan e-book/e-pustaka baru bisa  dilaksanakan.

DPAD melalui bidang perpustakaan bersama Hj. St. Chadidjah, S.Sos selaku Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan sebagai ketua tim, bersama sama tim sejak tanggal 9 s.d 15 Agustus 2021 melaksanakan sosialisasi e-pustaka, relaksasi akreditasi perpustakaan, penandatanganan MoU secara langsung di sekolah-sekolah lingkup Pemerintah Kota Bima pada tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas sampai Perguruan Tinggi secara terjadwal. Sekolah-sekolah yang menjadi sasaran utama adalah sekolah yang perpustakaannya sudah terakredasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pak Edi Sutrisno anggota tim, menambahkan adapun sekolah yang sudah di laksanakan sosialisasi e-pustaka yaitu : SDN 11, SDN 19, SMPN 1, SMAN 1, SMKN 1 dan SMAN 4 serta Poiteknik Kesehatan Mataram di Kota Bima. Karena  ada Akreditasi perpustakaan SMAN 4 Kota Bima bertransformasi dengan mengelola perpustakaan secara digital dan di launching  yang dirangkaiankan dengan penandatanganan MoU dengan DPAD  Kota Bima. Karena pandemik dan anggaran untuk launching e-pustaka tidak ada, sehingga sosialisasi secara langsung menjadi pilihan kami. Dan Kegiatan launching e-pustaka DPAD sendiri direncanakan akan dilaksanakan secara bersamaan dengan peresmian gedung layanan baru perpustakaan kota bima nantinya Kadis DPAD menambahkan.